Home » , » Pengusaha Pribumi Palembang Giat Bina UKM

Pengusaha Pribumi Palembang Giat Bina UKM

Written By ukm dan wirausaha on Senin, 05 Desember 2011 | 19.21

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kota Palembang di Sumatera Selatan, giat melakukan pembinaan kepada warga kota tersebut yang menekuni usaha kecil dan menengah (UKM). Pembinaan terhadap UKM itu, dilakukan dengan membantu penyediaan modal usaha, penyediaan tempat usaha, pengembangan usaha, pengembangan produk barang dan jasa, serta mencarikan pasar potensial, kata Ketua HIPPI Palembang, Yudi Farola Bram, di Palembang, Jumat (2/12).

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang membina masyarakat yang menekuni usaha kerajinan rakyat tenun songket, makanan khas seperti pempek dan pindang, serta jasa menjahit pakaian. Pada saat berlangsung SEA Games ke-26 di Palembang pada 11-22 November 2011 lalu, sejumlah pengrajin songket binaan HIPPI difasilitas untuk menggelar barang dagangannya kepada pejabat dan pengusaha yang berkunjung ke daerah ini.

Begitu juga jamuan makan dan oleh-oleh pempek buat mitra kerja dan relasi HIPPI yang dibeli dari UKM binaan dimaksud, kata dia. Sedangkan pembinaan terhadap usaha jasa menjahit, permintaan (order) pakaian seragam diperoleh anggota HIPPI dari pemerintah daerah atau dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang ada di daerah itu, yang selama ini biasanya pengerjaannya diserahkan kepada pengusaha konveksi di Bandung dan kini telah diserahkan kepada penjahit binaan di daerah ini, kata dia lagi.

Yudi Farola menjelaskan, anggota HIPPI giat melakukan pembinaan terhadap UKM karena prihatin terhadap persoalan permodalan, pemasaran, dan pengembangan usaha yang selalu menjadi penghambat pengembangan usaha mereka. Padahal pengusaha pribumi yang tergabung dalam naungan HIPPI Palembang itu, memiliki kemampuan yang besar untuk mengatasi persoalan yang dihadapi tersebut.

"Anggota kami ada yang memiliki dana segar yang cukup besar, tempat usaha yang tidak terpakai, mitra kerja dan jaringan bisnis yang luas, potensi tersebut jika disinergikan dengan UKM akan menjadi kekuatan usaha yang besar di daerah ini," ujar dia. Melalui upaya tersebut, diharapakn pengurus dan anggota HIPPI Palembang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi kerakyatan dan bisa memperkuat perekonomian secara nasional, kata salah satu pengusaha pribumi Palembang itu lagi.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. blog ukm dan wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger